1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Menpora buka program Gala Desa di Blitar

Editor: Haris Kurniawan  13 Agustus 2017 20:10
news/2017/08/19/141423/menpora-membuka-program-gala-desa-di-blitar-1708191.jpg Ilustrasi

Merdeka.com, Ayo Olahraga - Menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bersama Bupati Blitar Rijanto, membuka Gala Desa dengan cabang olahraga Sepakbola dan Sepaktakraw di Lapangan Kebonduren, Blitar, Jawa Timur, Minggu (13/8). Menpora berharap acara tersebut bisa melahirkan atlet atau pemain yang bisa membela Timnas Indonesia.

Sebelumnya Imam Nahrawi meninjau lokasi Parahlayang. Beliau melanjutkan dengan membuka pertandingan Sepak Takraw dan Sepakbola Gala Desa. Dalam pertandingan takraw, Menpora melakukan Tekong dan ikut bermain dengan para pemain Karang Gondang melawan MJ Klub. Antusias ikut bermain tersebut langsung disambut tepuk tangan para penonton.

Selesai bermain sepak takraw, Menteri asal Madura melakukan kick off dan menyaksikan pertandingan sepakbola. Sebelum menedang bola kick off, beliau menyampaikan bahwa Blitar mempunyai potensi yang luar biasa untuk olahraga.

"Banyak anak bangsa yang berada jauh di daerah terpencil memiliki bakat kemampuan dan keterampilan berolahraga sebagai bentuk peran dan tanggung jawab. Ini merupakan tanggungjawab Pemerintah untuk mengembangkan olahraga nasional dan perlu dibuat salah satu model yang berbasis pedesaan," katanya.

Program tersebut bersinergi dengan kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Hal tersebut bersifat kompetisi yang di kemas secara proporsional dengan berbagai pihak terkait.

"Sehingga program ini berdampak secara masif dan mengena di berbagai segmen masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam berolahraga baik secara individu atau kelompok. Saya yakin Blitar memiliki potensi luar biasa dalam melakukan pembibitan atlet," katanya.

Program Gala Desa dimulai dari bulan Mei sampai Oktober 2017 di 34 Provinsi, 136 Kabupaten/Kota. Terselenggara di 816 desa/kelurahan dengan menyelenggarakan enam cabang olahraga yakni sepak bola, sepak takraw, bola voli, atletik, bulu tangkis, dan tenis meja. (LOLITA SIANIPAR)

KOMENTAR ANDA