1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Cara Agar Stamina Tetap Terjaga Selama Bersepeda

Editor: Ibnu Siena  23 Juni 2017 07:12
news/2017/06/21/134779/cara-agar-stamina-tetap-terjaga-selama-bersepeda-1706219.jpg

Merdeka.com, Ayo Olahraga - Bersepeda merupakan olahraga yang mampu menghasilkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Pesepeda sering menghadapi masalah berkaitan dengan stamina, apalagi saat menghadapi kondisi rute, kecepatan dan tingkat kesulitan perjalanan.

Namun, ada cara agar stamina tetap terjaga selama bersepeda. Berikut 5 cara agar stamina tetap terjaga saat bersepeda:

Kemampuan dasar olahraga sepeda

Sebelum memulai latihan, sebaiknya Anda memiliki kemampuan dasar olahraga sepeda. Latihan dasar ini sedikitnya dilakukan enam bulan dengan bersepeda santai.

Dalam sepekan, latihan dilakukan tiga hingga empat kali. Tujuan latihan dasar adalah agar tubuh Anda memiliki waktu untuk beradaptasi. Jika tidak dilakukan, ditakutkan akan mengalami risiko cedera pada sendi, otot dan juga tendon. Anda tak perlu menambah porsi latihan dasar menjadi tiap hari. Cukup istirahat dua hari dalam seminggu agar otot memiliki waktu untuk pemulihan dari stres saat berlatih.

Menambah variasi latihan ke dalam jadwal

Ada latihan yang hanya fokus pada kecepatan dan ada juga lebih pada stamina. Kalau ingin melatih stamina bersepeda, variasikan dengan latihan yang fokus pada kecepatan. Seminggu sekali, Anda dianjurkan untuk latihan kecepatan secara intens. Letak fokusnya berada pada sprint pendek yang diulang di setiap tengah perjalanan. Caranya dengan menginjak pedal secepat mungkin dari menit pertama hingga ketiga. Istirahat sejenak, kemudian mulai lagi. Anda juga harus memastikan otot dan badan pada posisi yang benar.

Latihan tempo satu hari dalam seminggu

Di sini, kita dituntut menambah kecepatan dibanding latihan sebelum-sebelumnya. Latihan ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan dalam interval tertentu.

Perjalanan panjang dalam setiap minggu

Untuk membangun stamina, jarak yang harus ditempuh harus lebih jauh sekitar 10 persen dari yang sudah dilakukan di pekan sebelumnya. Latihan ini memiliki tujuan membangun ketahanan dan kondisi otot Anda saat bersepeda dalam jangka waktu yang lama.

Catatan tambahannya, selama latihan amat sangat dianjurkan makan makanan yang sehat bergizi, menerima karbohidrat dan kalori yang cukup. Meskipun saat bersepeda tidak merasakan panas, tetapi asupan makanan cair dan air minum akan sangat membantu untuk mendapatkan stamina yang baik.

KOMENTAR ANDA