1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Gowes Pesona Nusantara 2017 sekaligus jadi ajang promosi kebudayaan daerah

Editor: Haris Kurniawan  08 September 2017 14:00
news/2017/09/08/143725/gowes-pesona-nusantara-2017-sekaligus-jadi-ajang-promosi-kebudayaan-daerah-170908t.jpg

Merdeka.com, Ayo Olahraga - Perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 tampaknya tak hanya dijadikan sebagai momen mengajak masyarakat untuk berolahraga bersepeda. Namun, melalui perhelatan GPN dapat menjadi wadah ajang promosi daerah serta kebudayaan daerah.

Gowes Pesona Nusantara yang merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menyelesaikan seluruh etapenya. Sebanyak 90 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia telah disambangi oleh tim GPN 2017.

Melalui tag line "Ayo Olahraga", Kemenpora memang berupaya menyehatkan masyarakat dengan mengajak berolahraga. Dimana salah satunya dengan bersepeda melalui perhelatan Gowes Pesona Nusantara.

Namun siapa sangka, melalui program Gowes Pesona Nusantara tidak hanya menjadikan masyarajat sehat dengan bersepeda. Akan tetapi ajang ini dapat menjadikan ajang promosi wisata daerah.

Seperti diutarakan oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto yang menilai program GPN membantu promosi wisata Gresik. Sebab melalui GPN dia dapat menunjukkan akan pesona wisata Kabupaten Gresik kepada masyarakat luas.

"Dengan Gowes Pesona Nusantara tentu kita sebagai pemerontah daerah berterimakasih. Karena dengan adanya Gowes kita dapat mengundang dan mengumpulkan masyarakat banyak," ucap Sambari Halim.

"Kita dapat menjadikan ajang promosi dan memperkenalkan kebudayaan kita. Sebab, Gowes ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat lokal, tapi masyarakat tetangga juga banyak yang ikut," jelas dia.

Memang Sambari Halim memanfaatkan Gowes dengan memperkenalkan wisata Gresik. Dia dengan sengaja membuat jalur yang dilintasi peserta gowes melalui wilayah wisata yang menjadi daya tarik Gresik.

"Ya kita sengaja suguhkan, peserta dapat melihat jajaran bangunan tua yang menjadi heritage Gresik, mampir ke makam Syeikh Malik Ibrahim dan banyak temlay wisata Gresik lainnya. Nantinya mereka akan pilih akan beriwsata kemana," jelas dia.

Gowes Pesona Nusantara memang telah menyelesaikan seluruh etapenya. Nantinya perhelatan Gowes Pesona Nusantara akan memasuki malam puncak pada perhelatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang akan berlangsung besok, Sabtu (09/09/17).

KOMENTAR ANDA