1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Cara-cara yang Bisa Ditiru Supaya Tidak Cedera Saat Bersepeda

Editor: Ibnu Siena  22 Juni 2017 06:53
news/2017/06/21/134767/cara-cara-yang-bisa-ditiru-supaya-tidak-cedera-saat-bersepeda-1706211.jpg

Merdeka.com, Ayo Olahraga - Saat bersepeda dalam jarak yang jauh terkadang cedera atau sakit sering menerjang. Nyeri yang menyerang tentu akan mengakibatkan rasa sakit yang berkepanjangan jika tidak segera diobati atau pemulihan.

Untuk terhindar dari cedera pada bagian punggung dan pinggang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum bersepeda. Berikut cara-cara yang bisa ditiru supaya tidak cedera saat bersepeda:

Periksa panjang kaki

Cara pertama, sebelum bersepeda, ada baiknya periksa panjang kaki Anda. Panjang kaki yang tak sesuai dengan ukuran sepeda akan membuat kaki yang pendek menarik pinggul lebih ke bawah saat melakukan pedaling.

Ukur Panjang Stem

Biasanya kesalahan yang sering ditemukan yakni penggunaan stem atau batang penghubung hand lebar dengan fork depan yang terlalu pendek. Stem yang terlalu pendek membuat pengendara terpaksa duduk membungkuk berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan tulang ligamen dan otot tulang belakang akan bekerja berlebih.

Atur Sadle Seat

Perubahan sudut pada sadle yang tidak tepat bisa membuat cedera punggung bagian bawah. Sebuah studi menunjukan bagaimana posisi sudut sadle memengaruhi kinerja punggung bagian bawah. Dengan begitu, segera periksa sudut kursi sadle sepeda. Atur posisi sadle sejajar dengan rata-rata tanah. Dengan menyesuaikan sudut sadle dan meletakkan kembali dalam posisi netral, terbukti sebanyak 70 persen dari para pengendara sepeda bebas dari penyakit punggung.

Variasi posisi saat bersepeda

Variasi posisi bisa menolong berkurangnya cedera bagian belakang punggung dan pinggang saat bersepeda. Saat latihan atau hanya sekedar pemulihan biasakan untuk membuat variasi posisi duduk saat bersepeda. Anda bisa melakukan berdiri di atas sadle untuk beberapa saat. Hal ini bisa membantu mengurangi tekanan pada punggung.

Begitu juga ketika medan menanjak, tetap variasikan posisi duduk di atas sepeda. Untuk mengurangi stres pada bagian punggung bawah, geserlah posisi duduk, mulai dari depan, tengah, dan belakang sadle.

Latihan otot punggung dan pinggang

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan backpain bukan hanya disebabkan oleh tiga otot utama. Banyak orang saat pemanasan lebih melatih otot perut dan otot punggung bawah. Padahal untuk menghindari cedera, masing-masing otot memerlukan latihan yang sesuai dan memadai. Untuk punggung bagian bawah, panggul dan pinggul terdapat 29 wilayah otot yang berbeda-beda.

Apabila rasa sakit tidak kunjung hilang, lebih baik periksa ke dokter atau ahli fisioterapi. Dengan begitu Anda dapat mengetahui secara detail penyebab cedera yang dialami.

KOMENTAR ANDA