1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Kemenpora Gandeng Atlet dan Publik Figur

Editor: Iwan Tantomi  20 Juni 2017 08:10
news/2017/06/20/134610/ajak-masyarakat-hidup-sehat-kemenpora-gandeng-atlet-dan-publik-figur-170620n.jpg © kemenpora.go.id

Merdeka.com, Ayo Olahraga - Pilih sehat atau sakit? Sakit berarti harus keluar uang banyak untuk pengobatan. Belum lagi waktu yang terbuang percuma di atas ranjang karena butuh istirahat total. Karena itu, tentu saja semua manusia ingin terus sehat sampai akhir hayat, bebas dari rasa sakit.

Nah, agar tetap sehat harus giat berolahraga untuk menjaga kebugaran badan. Demi memiliki generasi muda yang sehat, jauh dari penyakit, Kementerian Pemuda dan Olahraga memiliki program unggulan di tahun 2017 ini, yaitu Gerakan Nasional Ayo Olahraga. Supaya gaungnya sampai ke seluruh lapisan anak muda, Menpora Imam Nahrawi menunjuk 9 publik figur dari dunia hiburan untuk menjadi Duta Gerakan Nasional (Gernas) Ayo Olahraga, di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Tanggal 9 Mei 2017, sembilan artis, yaitu Krisdayanti, Chicco Jerikho, Nugie, Sarwendah, Denny Sumargo, Tatyana Saphira, Anindya Kusuma Putri, Samuel Rizal dan Prilly Latuconsina dipilih untuk menjadi Duta Gernas Ayo Olahraga. Tugasnya adalah membantu mensosialisasikan program-program di bawah payung Ayo Olahraga. Mereka akan berkomunikasi langsung dengan publik, baik dengan media massa maupun melalui media sosial. 

Pak Imam Nahrawi memberi target empat bulan kepada para Duta Gernas Ayo Olahraga untuk mengajak semua masyarakat Indonesia menjadikan olahraga sebagai bagian penting dan gaya hidup sehari-hari.

:Melalui media sosial ini, mereka mengajak anak muda Indonesia untuk berolahraga. Selain itu mereka juga akan berbaur dengan masyarakat di beberapa tempat di daerah. sosialisasi gerakan Ayo Olahraga akan mencapai target yang luas dan gerakan sosial yang riil dapat dibangun lewat peran para Duta sebagai panutan bagi masyarakat luas Indonesia," ucap Menpora.

"Karenanya, saya menjadi mereka duta olahraga sebagai juru kampanye Ayo Olahraga. Agar semua masyarakat Indonesia rajin berolahraga, Lebih-leboh pada saatnya nanti dengan ajakan ayo berolaharaga ini akan banyak bibit yang bermunculan dari desa-desa," ujarnya.

Menariknya, kita bisa ikut berpartisipasi langsung, membantu para publik figur menggiatkan dan memasyarakatkan olahraga. Biar media sosialnya makin ramai, kalau lagi selfie-selfie saat olahraga, jangan lupa diberi tagar #AyoOlahraga, ya.

"Gerakan Ayo Olahraga ini menjadi keharusan kita semua untuk digelorakan, dan disebarluaskan, dan pada saatnya nanti masyarakat Indonesia akan menjadikan olahraga ini menjadi pilihan hidup untuk dilaksanakan bersama-sama," lanjut pria kelahiran Bangkalan, Madura tersebut.

Imam Nahrawi berharap momentum ini bakal mengajak semua lapisan masyarakat untuk semakin mencintai olahraga, sekaligus menjadi sarana untuk mempersatukan masyarakat Indonesia.

"Dengan olahraga pulalah Indonesia semakin hebat, dengan olahraga pulahlah Indonesia Raya dikumandangkan dan bendera merah putih bisa dikibarkan. Ayo, olahraga ini merupakan implementasi dari cita-cita Presiden,  bagaimana seluruh masyarakat Indonesia  menjadikan olahraga sebagai spirit, motivasi dan sarana untuk menyatukan rakyat Indonesia," pesan Pak Menpora.

Gerakan Ayo Olahraga ini telah mempersiapkan acara rutin tahunan, yaitu Gowes Pesona Nusantara, Gala Desa, dan Liga Sepakbola Berjenjang. Untuk Gowes Pesona Nusantara telah diresmikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada 13 Mei 2017 lalu di Banda Aceh. Dalam acara tersebut, para pecinta olahraga gowes, atau bersepeda bergerak serentak dari empat titik terluar wilayah Indonesia yaitu Sabang, Marauke, Atambua, dan Tarakan, dan bersepeda di estafet dan satu daerah ke daerah lainnya melalui  90 titik potensi potensi wisata, seni, dan budaya daerah di 34 provinsi di Indonesia. Empat rute Gowes ini akan berkumpul di Magelang, Jawa Tengah, pada puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017 mendatang.

Untuk Gala Desa, program ini akan menyelenggarakan enam cabang olahraga, yaitu sepak bola, sepak takraw, bola voli, tenis meja, bulu tangkis, dan atletik di 136 daerah. Sementara program Liga Sepakbola Berjenjang akan diikuti 372 kabupaten dan kota dengan mempertandingkan sepakbola untuk kategori Usia 10 (U-10), U 12, U-14, U-16, dan U-21 untuk tingkat mahasiswa. Sama seperti Gowes Pesona Nusantara, Gala Desa dan Liga Sepakbola Berjenjang ini tahap finalnya akan digelar di Magelang, Jawa Tengah pada perayaan Haornas 2017.

KOMENTAR ANDA