1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Ini Dua Program Unggulan Kemenpora yang Patut Dinanti

Editor: Ibnu Siena  21 Juni 2017 12:40
news/2017/06/21/134718/ini-dua-program-unggulan-kemenpora-yang-patut-dinanti-170621g.jpg

Merdeka.com, Ayo Olahraga - Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mencanangkan prgogram bertajuk Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang telah resmi dimulai pada tanggal 13 Mei 2017 lalu. GPN dibagi menjadi empat rute, yaitu Rute Barat, Rute Tengah, Rute Timur dan Rute Utara.

Sampai saat ini, peserta Gowes Pesona Nusantara telah melalui 14 kota, yaitu Sabang, Merauke, Atambua, Tarakan, Banda Aceh, Aceh Besar, Labuan Bajo, Medan, Toba Samosir, Jayapura, Tanjung Pinang, Bontang, Kutai Kartanegara, dan Wondama. Gowes di Kutai Kartanegara terbilang spesial karena diselenggarakan di jelang waktu berbuka puasa.

"Kegiatan ini berlangsung meriah di setiap kota dan mampu menarik minat rata-rata 3500 orang di setiap kotanya. Selain masyarakat umum, kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai unsur, baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Pelajar maupun komunitas bersepeda. Pada setiap penyelenggaraannya pun diadakan beberapa acara pendukung, seperti penampilan dari komunitas olahraga ekstrem dan kreasi senam massal," kata Menpora Imam Nahrawi.

Gowes Pesona Nusantara nantinya akan melalui total sebanyak 90 kabupaten/kota di seluruh penjuru Tanah Air dan akan berakhir pada puncak perayaan Hari Olahraga Nasional pada tanggal 9 September 2017.

Selain itu, ada Gala Desa yang juga  menjadi salah satu kegiatan unggulan di Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga tahun ini. Kick off nasional Gala Desa dilakukan pada tanggal 13 Mei 2017 di Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai tanda dimulainya perhelatan Gala Desa di 136 kabupaten/kota. Kick off Gala Desa didahului oleh defile peserta Gala Desa utusan semua kecamatan se-Bulukumba.

Lebih dari 10.000 masyarakat dan atlet memadati lapangan. Setelah Bulukumba, Gala Desa diselenggarakan di Sabang, Atambua, Labuan Bajo dan Kutai Kartanegara.

Gala Desa mempertandingkan enam cabang olahraga, yaitu bola voli, bulu tangkis, sepak bola, sepak takraw, tenis meja dan atletik. Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam rangka menumbuhkan tingkat kebugaran dan kesehatan bagi masyarakat desa/kelurahan dalam rangka membangun karakter masyarakat desa/kelurahan yang tangguh dan memunculkan bibit olahragawan potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional.

KOMENTAR ANDA