1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Bersama Menpora, Ribuan Warga Kutai Kartanegara Semarakan GPN

Editor: Ibnu Siena  12 Agustus 2017 11:20
news/2017/08/20/141459/bersama-menpora-ribuan-warga-kutai-kartanegara-semarakan-gpn-1708209.jpg

Merdeka.com, Ayo Olahraga - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melepas perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar). GPN di Kukar tersebut, merupakan rangkaian lanjutan GPN yang sebelumnya sudah dibuka secara resmi oleh Menpora Imam Nahrawi juga di Titik Nol Kilometer, Sabang, Aceh, Sabtu (3/5) lalu.

GPN di Etape "Senja di Kota Raja" ini menempuh jarak 11 km dan berakhir di tempat yang sama, di Creative Park Tenggarong. Selama perjalanan gowes, para peserta diajak menyusuri tempat-tempat wisata Pesona Kerajaan Tertua Nusantara yang berada di sepanjang Sungai Mahakam.

"Kutai Kartanegara mencatat rekor tersendiri bahwa even Gowes Pesona Nusantara dilaksanakan yang pertama kali disaat sedang puasa Ramadhan, artinya masyarakat Kota Raja siap dalam kondisi apapun untuk tetap berolahraga," ucap Menpora.

Imam Nahrawi juga megatakan, GPN merupakan bagian dari gerakan nasional Ayo Olahraga, yang merupakan program unggulan yang juga merupakan gerakan masif menindaklanjuti instruksi Presiden soal Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Maka dari itu, lanjut dia, tidak ada alasan bagi kita semua untuk turut serta menyukseskan.

"Gowes Pesona Nusantara ini melanjutkan intruksi dari Bapak Presiden tentang Gerakan Masyarakat Sehat, dan semoga dari tempat ini akan lahir kebijakan nasional untuk Hari Gowes Nasional, satu hari penuh berkendara sepeda diluar car freeday agar semua menjadi sehat dan bugar, dan Kukar menjadi contoh yang menginspirasi bersama 90 daerah lain," tutur dia.

Sementara itu, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengampresiasi atas program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI). Rita berharap semoga program ini bisa mendorong masyarakat semakin mencintai olahraga.

"Apresiasi tinggi saya sampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara atas kehadiran Pak Menpora, semoga seluruh aktifitas olahraga semakin dicintai masyarakat," kata dia.

Perlu diketahui, Gowes Pesona Nusantara 2017 akan berlangsung di 90 kabupaten/kota di berbagai penjuru Indonesia dengan peserta para atlet dan juga masyarakat umum. Finis secara nasional pada tanggal 9 September 2017 bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional ke- 34 yang dipusatkan disalah satu keajaiban dunia Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

KOMENTAR ANDA