1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Dari tempat berkumpulnya para Wali, Gresik persembahkan Tanah dan Air

Editor: Hery Hardjo Winarno  03 September 2017 14:36
news/2017/09/03/143102/dari-tempat-berkumpulnya-para-wali-gresik-persembahkan-tanah-dan-air--1709032.jpg

Merdeka.com, Ayo Olahraga -  

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemepora) terus berupaya meningkatkan masyarakat Indonesia untuk berolahraga. Melalui tagline Ayo Olahraga, Kemenpora pun terus menggalakkan Gowes Pesona Nusantara (GPN).

Gowes Pesona Nusantara kali ini pun akan terlaksana di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Seperti yang sudah-sudah, sebelum menggelar GPN, akan dimulai dengan tradisi pengambilan tanah dan air dari tempat berlangsungnya GPN. Tanah dan air ini nantinya akan dikumpulkan menjadi satu dari 90 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia penggelar GPN 2017. Tanah dan air ini untuk membangun Monumen NKRI di Guning Tidar, Magelang.

Ada yang spesial dari prosesi pengambilan tanah dan air di Kabupaten Gresik. Sebab Tanah dan Air ini diambil dari tempat yang suci di Gresik.

"Kita ambil Tanah dan Air dari Giri Kedaton di Kelurahan Kebomas Gresik. Ini merupakan daerah tertinggi di Gresik dan merupakan tanah tempat berkumpulnya para Wali di Gresik," ucap Adik Mulyo selaku Sekretaris Dispora Kabupaten Gresik.

Adik juga menjelaskan bahwa dalam prosesi pengambilan Tanah dan Air ini tidak boleh sembarangan. Sebab harus melalui ritual khusus. "Kita kordinasi dengan juru kunci daerah tersebut. Karena tidak sembarang, jadi ada perhitungannya," jelas dia.

Secara keseluruhan kegiatan Gowes Pesona Nusantara rencananya berlangsung dalam 90 etape di 34 provinsi dan kota di seluruh Indonesia dan diakhiri di Kota Magelang sebagai etape penutup yang bertepatan dengan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), 9 September 2017.

KOMENTAR ANDA