1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Gala Desa meningkatkan kebugaran masyarakat desa

Editor: Rizlia Khairun Nisa  12 Desember 2017 14:06
news/2017/12/12/151466/gala-desa-meningkatkan-kebugaran-masyarakat-desa-171212k.jpg

Merdeka.com, Ayo Olahraga - Perhelatan Gala Desa memang telah usai terlaksana. Namun, meski telah usai, perhelatan yang menjadi salah satu dari empat pilar utama program Kemenpora ini memang banyak memiliki manfaat.

Kemenpora memang melalui tag line Ayo Olahraga memang berupaya memasyarakatkan olahraga. Dengan semangat ini, Kemenpora menggelar Gala Desa.

Setidaknya sebanyak 136 Kabupaten/Kota berhasil disambangi perhelatan Gala Desa. Memang angka ini masih belum menggenapi kabupaten/kota se-Indonesia yang jumlahnya mencapai 514 buah.

Namun, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta berusaha menyiasati hal tersebut. Isnanta bersama Kemenpora benar-benar memilih kota-kota yang dirasa perlu untuk meningkatkan lagi kemauan berolah raga masyarakatnya.

"Program Gala Desa digelar dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan peningkatan kebugaran masyarakat desa/kelurahan di kabupaten/kota melalui olah raga," ujar dia.

Gelaran Gala Desa 2017 yang perdana diadakan oleh Kemenpora ternyata mampu menggairahkan olahraga di tataran kelompok masyarakat terbawah. Ke depannya, Kemenpora ingin agar bibit-bibit baru yang tidak terlihat di masyarakat bawah, dapat muncul dan bisa ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui olah raga di kancah internasional.

Kemepora resmi memulai gelaran Gala Desa 2017 di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Ahad (14/5). Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora Amar Ahmad menyampaikan, Gala Desa merupakan bagian dari kampanye 'Ayo Olahraga!' pada 2017 oleh Kemenpora. Ada tiga kegiatan utama dalam kampanye ini, yakni Gowes Nusantara, Gala Desa, serta Liga Pelajar.

KOMENTAR ANDA